Be an Example! Be a witness in everywhere

Gereja Raksasa Bernama Megachurch

Posted in Uncategorized by Be example on Februari 3, 2008

Kata Megachurch biasanya ditujukan secara spesifik kepada sebuah gereja Protestan yang sangat besar yang memiliki beberapa ciri khusus. Gereja seperti ini umumnya memiliki kriteria sebagai berikut:

 

  • Memiliki 2000 jemaat atau lebih yang menghadiri ibadah setiap minggu
  • Memiliki pelayanan dengan gaya karismatik
  • Memiliki kegiatan yang sangat aktif selama 7 hari seminggu
  • Memiliki pelayanan yang menjangkau segala segi baik sosial maupun misi.
  • Serta memiliki struktur organisasi yang lebih kompleks

Maka dengan kriteria di atas, gereja-gereja tradisional dan gereja Katolik sekalipun memiliki jemaat lebih dari 2000 orang tidak bisa dikatakan sebagai Megachurch.

Kebanyakan diskusi mengenai Megachurh di Amerika terfokus pada gereja-gereja protestan yang sangat besar – yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 1200 gereja.

Namun hal ini tidak hanya terjadi di Amerika, beberapa angka signifikan menunjukkan beberapa megachurch muncul di berbagai belahan dunia. Hal ini dapat di lihat di Korea, Brasil dan beberapa negara Afrika. Dan fenomena ini juga menjamah Indonesia. Gereja terbesar di Amerika mencapai kehadiran jemaat sebanyak 35 000 jemaat. Bahkan, beberapa gereja di Korea menyatakan memiliki lebih dari 250 000 jemaat.

Rata-rata Megachurch berada di daerah-daerah perkotaan yang sedang terus berkembang. Kebanyakan gereja ini memiliki gedung sendiri dengan kapasitas besar dan memiliki parkiran yang luas yang memfasilitasi jemaatnya. Megachurch kelas menengah memiliki kahadiran sekitar 3000 hingga 4000 jemaat.

Megachurch biasanya mengembangkan ukurannya dalam periode waktu yang sangat singkat, biasanya dibawah sepuluh tahun, dan dibawah kepemimpinan seorang pendeta senior. Kebanyakan pendeta Megachurch adalah laki-laki, dan memiliki karisma yang kuat sehingga menarik banyak jemaat.

Pendeta senior ini memiliki otoritas penuh atas pengkotbah dan administrasi, dan hal ini biasanya dipegang oleh seorang pemimpin yang dominant. Mendukung pendeta senior ini ada sebuah tim yang terdiri dari 5 hingga 25 rekan pelayanan yang memimpin departemen, dan tidak lupa juga ada ratusan staf fulltime yang melayani.

Megachurch sendiri memiliki pelayanan multidimensi secara sosial, misi dan pelayanan medis. Biasanya gereja dengan konsep Megachurch ini memilik basis pelayanan kelompok kecil dan gereja rumah. Gereja-gereja ini biasanya memiliki jemaat yang berkomitmen, namun tidak terhitung juga orang yang hanya datang sebagai pengunjung yang sering keluar masuk.

Jika dilihat saat ini, gereja dengan konsep Megachurch ini mulai bermunculan di berbagai kota besar di Indonesia. Semoga kehadiran berbagai gereja raksasa di Indonesia bukan hanya menjadi kumpulan garam dalam toples yang indah, tetapi benar-benar dapat dikecap dan dirasa keberadaannya, serta membawa perubahan yang nyata untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: