Be an Example! Be a witness in everywhere

Bayar Diri Anda Dulu

Posted in Investasi, personal finance by Be example on Februari 5, 2008





Rahasia keuangan yang paling sederhana adalah, sisihkan sedikitnya 10% dari penghasilan anda dan jangan gunakan itu sebagai biaya. Dengan menginvestasikan sedikitnya 10% dari setiap penghasilan anda, kemudian terus menginvestasikan lagi dividennya, anda dapat mulai membangun kekayaan anda. Walaupun anda harus selalu mencari peluang yang bisa membuat anda menghasilkan uang lebih cepat, saya yakin masa depan anda pada awalnya harus dibangun di atas landasan kokoh yang berupa rencana investasi jangka panjang.Semakin awal anda memulai, semakin cepat anda bisa membangun jaring pengaman anda. Berkonsultasilah kepada perencana keuangan, atau kunjungi salah satu situs internet dimana anda bisa memasukkan jumlah nilai bersih anda sekarang dan rencana finansial anda untuk masa pensiun, dan kemudian hitung berapa banyak yang mulai sekarang perlu anda tabung dan investasikan untuk mencapai jumlah yang anda targetkan saat anda sudah pensiun.

Konsep Bunga Majemuk

Cara kerja bunga majemuk adalah seperti ini: jika anda menginvestasikan 1000 dolar dengan tingkat bunga 10%, maka akan menghasilkan bunga sebesar 100 dolar, dan di akhir tahun pertama mempunyai investasi total sebesar 1.100 dolar. Jika anda tidak menyentuh investasi awal anda dan bunga yang dihasilkan dalam rekening itu, tahun berikutnya anda akan mendapat bunga 10% atas jumlah 1.100 dolar itu, yaitu 110 dolar. Tahun ketiga, anda akan mendapatkan 10% untuk 1.210 dolar, dan seterusnya selama anda tidak menggunakannya. Dengan kecepatan itu, uang anda akan berlipat ganda, seperti itulah cara jumlah itu akhirnya mencapai nilai yang sangat besar setelah bertahun-tahun. Tentu saja, kabar terbaiknya, waktu adalah teman anda dalam hal bunga majemuk. Semakin dini anda memulai, semakin besar hasilnya.

Memprioritaskan Menabung dan Berinvestasi

Bagi penabung teragresif sedunia, menginvestasikan uang dan membayar hipotek merupakan bagian terpenting pengelolaan uang mereka. Untuk membiasakan diri menabung sedikit uang setiap bulan, anda harus langsung mengambil sekian persen gaji bulanan anda untuk ditabung dan tidak pernah digunakan. Teruslah membangun rekening itu sampai jumlahnya cukup besar untuk dipindahkan ke reksadana atau rekening obligasi atau investasi dalam real estate, termasuk pembelian rumah anda sendiri. Jumlah uang yang dibuang-buang untuk membayar sewa tempat tinggal tanpa membangun ekuitas rumah merupakan sebuah tragedi bagi banyak orang. Menginvestasikan hanya 10% atau 15% penghasilan anda akan membantu anda untuk membangun kekayaan.Bayar diri anda sendiri, lalu hiduplah dengan sisanya. Hal itu mengakibatkan: anda akan dipaksa untuk mulai membangun masa depan anda, dan jika anda masih ingin membeli atau melakukan lebih banyak, anda akan terpaksa mencari cara untuk memperoleh lebih banyak uang. Jangan pernah menggunakan tabungan anda untuk mendanai gaya hidup yang lebih mahal. Investasi anda harus dibiarkan tumbuh sampai anda bisa hidup hanya dari bunganya, jika perlu. Baru pada saat itulah anda bisa benar-benar mandiri secara finansial.

Jangan Katakan Anda Tidak Bisa Melakukannya

Kebanyakan orang menunggu untuk mulai menabung sampai mereka punya uang ekstra yang menganggur, uang yang berlebih. Tapi cara kerjanya tidak seperti itu. Anda harus mulai menabung dan berinvestasi untuk masa depan sekarang juga! Dan semakin banyak anda berinvestasi, semakin cepat anda akan mencapai kemandirian finansial. John Marks Templeton mengawali dengan bekerja sebagai pialang saham berpenghasilan 150 dolar seminggu. Ia dan istrinya memutuskan untuk menginvestasikan 50% pemasukan mereka di pasar saham dan tetap memprioritaskan 10% bagi gereja. Hal itu membuat mereka hanya mempunyai 40% sebagai biaya hidup. Tapi sekarang, John Templeton adalah seorang milyuner! Ia mempertahankan kebiasaannya itu seumur hidupnya.

Jutawan Tidak Berarti Selebriti

Kenyataannya, lebih dari 99% jutawan adalah penabung dan investor yang metodis serta pekerja keras. Orang-orang itu biasanya memperoleh kekayaan mereka dengan salah satu di antara 3 cara ini: dari bisnis wirausaha, yang mencakup 75% dari semua jutawan di Amerika Serikat, sebagai eksekutif di perusahaan besar, sekitar 10%, atau sebagai praktisi profesional (dokter, pengacara, dokter gigi, akuntan publik, arsitek). Selain itu, 5% menjadi jutawan melalui bidang penjualan dan konsultasi penjualan. Meski begitu, orang dari berbagai bidang kehidupan bisa jadi jutawan jika mereka belajar disiplin menabung dan berinvestasi serta mulai di usia yang masih cukup muda.

Membangun Aset Daripada Kewajiban

Anda harus tahu perbedaan antara aset dan kewajiban, dan belilah aset. Kelas ke bawah dan menengah membeli kewajiban, yang mereka kira aset. Aset adalah sesuatu yang akan memasukkan uang ke dalam kantong anda, sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang akan mengeluarkan uang dari kantong anda. (Robert T. Kiyosaki). Lihatlah cara orang kaya melakukan investasi mereka. Mereka mengambil uang yang mereka hasilkan dan menanamkan sebagian besar dalam aset penghasil pemasukan (real estate, bisnis kecil, saham, obligasi, emas, dan seterusnya). Mulailah melakukan kegiatan finansial seperti ini: 20% pemasukan anda dialokasikan untuk aset anda dan berbagai aliran pemasukan dan 80%nya untuk pengeluaran dan kewajiban anda. 100% dari alokasi untuk aset dan aliran pemasukan tadi digunakan untuk membangun lebih banyak aset dan berbagai aliran pemasukan, sehingga akhirnya nanti anda bisa hidup dari pemasukan aset anda dan berbagai aliran pemasukan. Itulah “kebebasan finansial” sejati.

Melindungi Milik Anda Dengan Asuransi

Ada kesalahan dan kecelakaan yang bisa terjadi setiap saat, yang merupakan alasan mengapa anda perlu melindungi aset finansial anda melalui kebijaksanaan asuransi yang baik. Hal itu bahkan lebih penting jika anda menjalankan sebuah bisnis kecil.

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: