Be an Example! Be a witness in everywhere

Mengampuni dan Melupakan

Posted in Uncategorized by Be example on Februari 17, 2008

Mengampuni = menekan kedagingan.

Tdk mengampuni adalah KEJAHATAN di hadapan Tuhan

(Mat 18:32-35)


Vivi layantara. Solagracia FM. 15 Agustus 2007

 Efesus 4:32 Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

 

Tante luci ga akan suka dg kondisi spt ini.

 

Ramah, penuh kasih dan mengampuni! Spt Allah mengampuni kita.

 

Kejahatan yang sering kita buat : kita tidak bisa mengampuni dengan segenap hati.

 

TIDAK MENGAMPUNI ADALAH SESUATU YG JAHAT DI HADAPAN TUHAN. Kalo tidak langit jadi tembaga, tanah jadi besi. Mengampuni supaya doa kita didengar oleh Tuhan.

 

Mengapa harus mengampuni? Supaya sehat. 85% penyakit akibat reaksi emosional seseorang (kebencian dll) : radang otak, jantung, tekanan darah tinggi, maag.

 

Orang yg kepahitan kalo ketemu jantungan. Hati yg gembira adalah obat.

 

YESUS NAMANYA PENASEHAT AJAIB. Masalah sekusut apapun bisa diselesaikan olehNya.

 

Jangan jadi Kristen yang gratisan. Ada harga yang harus dibayar. Kalo didiskon ya gapapa

 

Orang yg ga bisa mengampuni ga bisa bersukacita.

 

Alami manasye! Dan engkau akan mengalami efraim.

 

Kalo ada orang buat jahat, jangan cerita banyak ke orang lain!!! krn itu akan jadi gosip. Kalo pingin cerita pada manusia harus pilih orang senior rohani. Atau cerita sama Bapa saja.

 

Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan. (Ibrani 5:7)

 

Mengampuni = memaafkan dan melupakan

Melupakan (bkn pikun): ingat peristiwa itu, tp tdk berpengaruh pada kita lagi secara negatif / tdk mempengaruhi hati kita untuk tambah benci, tambah dendam.

Jangan jadi Kristen munafik. Hati ga enak omongane manis, ramah dlsb.

 

Efesus 4:32 Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

 

4:32 Sebaliknya, hendaklah kalian baik hati dan berbelaskasihan seorang terhadap yang lain, dan saling mengampuni sama seperti Allah pun mengampuni kalian melalui Kristus.

 

4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

4:31 Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.

4:32 Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

 

Ga bs mengampuni tapi hati ini mau Tuhan. Tolong aku. Mengampuni dengan segenap hati. Mengampuni not LIMITED. Besok salah lagi, lepas pengampunan. Tahun depan salah lagi, lepas pengampunan. Sebab itu firman Tuhan. Lepas pengampunan dan berkati dia.

 

Alkitab Bhs sehari-hari

4:30 Janganlah menyedihkan hati Roh Allah. Kalian sudah dimeteraikan dengan Roh, menjadi milik Allah. Roh itu juga merupakan jaminan bahwa Hari Pembebasan akan datang bagimu.

4:31 Hilangkanlah segala perasaan sakit hati, dendam dan marah. Jangan lagi berteriak-teriak dan memaki-maki. Jangan lagi ada perasaan benci atau perasaan lain semacam itu.

4:32 Sebaliknya, hendaklah kalian baik hati dan berbelaskasihan seorang terhadap yang lain, dan saling mengampuni sama seperti Allah pun mengampuni kalian melalui Kristus.

 

 

Kalo engkau mau taat firman, sesuatu akan ditambahkan.

 

Matius 18:32-35

18:32 Maka raja itu memanggil hamba yang jahat itu dan berkata kepadanya, ‘Hamba yang jahat! Seluruh utangmu sudah kuhapuskan hanya karena engkau memohon kepadaku.

18:33 Bukankah engkau pun harus menaruh kasihan kepada kawanmu seperti aku pun sudah menaruh kasihan kepadamu?’

18:34 Raja itu sangat marah. Hamba yang jahat itu dimasukkannya ke dalam penjara sampai ia melunasi semua utangnya.”

18:35 Yesus mengakhiri cerita-Nya dengan kata-kata ini, “Begitu juga Bapa-Ku di surga akan memperlakukan kalian masing-masing, kalau kalian tidak mengampuni saudaramu dengan ikhlas.”

 

18:35 Maka Bapa-Ku yang di sorga akan berbuat demikian juga terhadap kamu, apabila kamu masing-masing tidak mengampuni saudaramu dengan segenap hatimu.”

 

Kalo kita mengampuni dg pura-pura/tdk segenap hati maka kita akan diserahkan kepada algojo-algojo sampai hutang kita lunas.

 

Kita sudah diampuni maka kita harus mengampuni.

 

Seberapa kita menghargai pengampunan yg Tuhan berikan untuk dosa-dosa kita, maka dengan segera kita akan mengampuni dan minta ampun dengan sesama kita.

 

Jangan gengsi. Ini firman yang harus ditaati dan dilakukan bro!

Ada berkat dibalik pengampunan hohoho EFRAIM akan kamu alami. Halleluya.

 

 manasye = melupakan masa lalu (mengampuni)

Efraim = berkat dua kali ganda

Jika tdk mengampuni –> DISIKSA!!!!!!! Bukan berkat yg kamu terima tapi kutuk.

 

Segera selesaikan !!! Kerugian jika tdk segera diselesaikan.

 

Utangmu yg besar sudah diampuni, kalau begitu pengampunan yg kecil itu harus kamu berikan kepada saudaramu. algojo-algojo sampai hutang kita lunas.

1 talenta 6000 dinar.  10.000 talenta = 60 juta Dinar x 5 ribu à 300 Miliar.

 

18:28 Tetapi ketika hamba itu keluar, ia bertemu dengan seorang hamba lain yang berhutang seratus dinar kepadanya. Ia menangkap dan mencekik kawannya itu, katanya: Bayar hutangmu!

18:29 Maka sujudlah kawannya itu dan memohon kepadanya: Sabarlah dahulu, hutangku itu akan kulunaskan.

18:30 Tetapi ia menolak dan menyerahkan kawannya itu ke dalam penjara sampai dilunaskannya hutangnya.

 

100 dinar = 500 ribu.

 

Berhutang 300 M dibebaskan, lalu keluar mencekik orang yg berhutang 500 ribu. Ohhhhh…. Sadari kemalanganmu. Keterlaluan.

 

 

Kalo anda sadar betapa hutang yang besar yg telah Tuhan bebas, anda harus membebaskan saudaramu.

 

 

Lakukan Firman Tuhan karna engkau mau taat.

 

Roma 5:5

5:5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

 

Jika orang yg berbahasa roh akan ada pertanyaan besar jika engkau msh ada kebencian, sakit hati, dendam, kekecewaan.

 

Kalau orang penuh Roh Kudus dikatakan itu bersamaan dg kasih Allah dipenuhi. Kasih Allah dicurahkan habis-habisan di dalam hati kita. Kasih Allah kekal adanya.

 

Kasih menutupi segala sesuatu. Kasih kekal adanya dan yang lainnya mengikuti (damai sejahtera, lemah lembut dll)

 

Mengampuni bukan perasaan. Kalau mengampuni adalah perasaan maka tersayatlah, terlukalah kita.

 

Mengampuni adalah keputusan kita sesuai firman Tuhan.

 

Kasih Allah ada disini, kekal, jumlahnya tidak terbatas.

Spt lampu yg terhubung dg Pusat PLN akan menyala jika kita menekan saklar. Sama dg kita mau mengalirkan kasih Allah, kita tinggal bilang “Ya Tuhan. Aku mau kasihMu” maka kasih yang tidak terhingga itu akan mengalir dan Roh Kudus akan bekerja.

 

Ucapkan kalimat spt ini “Dalam hatiku ada kasih yang tak terhingga jumlahnya”. Berarti kapan saja, dimana saja kita bisa melepas pengampunan. Ini yg memampukan kita untuk saling mengampuni.

 

Biasanya dg orang jauh kita bisa mengampuni. Tp dengan orang dekat sulit. Tp FT berkata : besi menajamkan besi, manusia menajamkan sesamanya. Saling menggesek satu dengan yg lain itu semua memperhalus kita supaya ketika Tuhan datang kita sudah terbentuk baik karakter kita. Amin

 

Aku lakukan FirmanMu karna aku mau menyenangkan Engkau Tuhan. Di setiap firman ada kekuatan dan kuasa.

 

Setelah mind-setmu diubah mengenai pengampunan, engkau akan dibuatnya mudah melepas pengampunan dan terimalah berkat 2x ganda yg sudah Tuhan sediakan bagi mereka yg mau mengampuni. Halleluya.

 

Dalam sebuah bidang tanah yg kamu miliki engkau telah menanam pohon ara. Untuk menanam buah anggur maka engkau harus mencabut dulu pohon ara baru menanam buah anggur. Demikian juga dengan pengampunan.

 

Asal engkau mau setia maka Tuhan akan kerja lebih leluasa. Amin.

 

 

Rekonsiliasi membuat Sorga tertawa dan setan menangis.

Satu perkara yang diperhitungan di Sorga adalah membuat musuh menjadi sahabat.

 

Untuk mengampuni dan minta maaf perlu KERENDAHAN HATI dan MEMINTA !!! bersimpuh. Sudah jangan mikirin latar belakang, derajat, status gw. Yang penting selamat di hadapan Tuhan n CLEAR !!! segera, kalo memang salah, kamu harus turun untuk kerjanya pemulihan. Kalo tidak, maka Tuhan tdk memberkati. Sebab esensi pemulihan adalah FELLOWSHIP

 

Selama masing-2 merasa benar, jangan harap ada pemulihan.

 

Tuhan tdk lihat di luar, tapi di dalam.

 

Gereja harus berguna bagi masyarakat. Hayo berguna bagi seorang dengan yang lain.

 

Saling mengasihi satu dengan yang lain.

Mengampuni dan mengasihi adalah Karakter. Terbentuknya karakter : sifat bawaan (30%) + kebiasaan (70%). Jadi biasakan untuk hidup mau mengampuni dan mengasihi. Tdk instan, tapi perlu proses.

Share : Setelah gw dpt renungan ini, gw praktekin. Gw selama itu kepaitan ma temen se-kost gw krn dia sering melarang gw puter musik selama 3 tahun. Setelah gw pikir sih emang gw yg salah krn kebiasaan di desa gw sana tu gw pny sound system dan puternya keras2. Eh, kebiasaan itu jg msh di kost. Emang pake sound kecil sih, tapi krn kamarnya berdekatan jg bs terdengar keras. Gw ma dia emang ga pernah nyapa dan bergaul setelah kejadian dia sering ngingetin gw untuk ngecilin musik di komputer gw. Waktu itu emang gw msh semester I di kedokteran. Wah, pikiran lg pusing cz sulitnya beradaptasi. Mana kadang ada dosen yg slidenya pake bhs inggris. Duh bahannya byk bgt. Yach, pelampiasannya jg muter musik. Nah krn seringnya dia itu ngelarang gw spt itu, akhirnya timbullah kepaitan dan lama2 timbul dendam. Rasanya kalo ketemu dia tu kaya dada ini terasa “greng”, tertekan gt dan aliran darah gw jd keras “deg…deg..degdegdeg”. Persis apa yg dikotbahin ma ibu vivi layantara. Dan kenyataan di dunia kedokteran bahwa penyakit mns skg ini byk yg timbul krn stress, kepaitan yg akan menimbulkan radikal bebas  shg menyebabkan kanker, jantung koroner, hipertensi dlsb. Scr rohani itu tjd krn kita membuka celah, shg penyakit mudah masuk ke tubuh kita.

Gw sempet mau penyelesaian ma dia 2 tahn sebelumnya. Tapi ga jadi2 terus krn gw blm siap mental. Gw share ma temen rohani gw. katanya “ketika kamu mengatakan bahwa kamu salah, sesungguhnya kamu lebih dari pemenang”. Butuh kerendahan hati. Tapi jg tdk terlaksana. Begitu liat dia yg badannya besar aja gw dah pesimis. Menyeramkan. Giant. heheh. Gw sempet cerita ma temen gw n temennya dia kenapa dia begitu. Dia begitu krn ayahnya guru karate shg pribadinya keras.Dan dia hanya bergaul sama org yg mau bergaul sama dia aja. Dan setelah gw tanya ke dia , itu memang bener.

Dan akhirnya, setelah gw denger firman ini, gw praktekin. 3 Kotbah yg membahas sama gw gabungin di artikel ini. Bahwa segala sesuatu kita alami untuk mendatangkan kebaikan. Krn Allah mengontrol semua itu.

Gw doa apakah ini saatnya Tuhan. Dan gw denger “Mau berkat 2 kali ganda ga? Lewati dulu manasye…. mengampuni dan melupakan”. Ok Tuhan. Gw lakuin ini krn gw mau taat. Trs gw ceritain unek2 gw, dia tu senior gw di fakultas kedokteran. dan akhirnya gw ma dia bs saling mengampuni. dan dia mengakui kalo dia orgnya keras dan egois. Sebetulnya sama jg dg gw.

Setelah penyelesaian itu (baca : Rekonsiliasi) gw ma dia masih blm bs bersahabat. Meskipun kita komitmen bakalan sahabatan. Eh, malah dia marah2 lg ma gw gara2 gw kalo membuang air di gelas mengenai ban mobilnya. Wah,  masalah apa lagi nih. Gw dah ga pnh muter musik keras2 cz gw pake headphone skg. Eh, ada lagi masalahnya. tapi okelah… gw waktu itu jg abis saat teduh kalo ga salah. Jd gw bs tenang… Krn hanya dekat Allah saja kita tenang…. . Dada ini rasanya dongkol lg sih. Wah hancur lg deh. Ya okelah. ini memang proses. Krn mengampuni tdk cm sekali tp bbrp kali. Ga butuh waktu yg singkat. Mgkn ada yg bilang “kenapa kok ga diberesin lg”. Jawabnya : gw bosen. Mending gw anggap hal itu ga ada n gw ngelupain hal itu. Anggap aja itu hal kecil dan ga usah terbawa pikiran. Krn semakin dipikir semakin sakit. Gw anggap hal itu biasa. Krn gw sedang dilatih untuk menghadapi hidup. Kalo kita berharap org itu baik ma kita, namanya kita mengandalkan manusia. Manusia selain makhluk sosial dy jg makhluk individu yg pny stress dan kepentingan pribadi. Makanya wajar kan adanya gesekan. Ketika setan mulai membisikkan kata2 negatif ttg org yg telah membuat kita pait, doakan dan berkati dy. Jgn pnh mengutuk. Kita ada untuk jd berkat.

Gw bersyukur krn gw pny pengalaman ini.  Bulan mei dy lulus jd dokter. Dan gw bakalan kasi selamat  ma dy. Apapun keberadaan dy (kemarahannya dlsb) gw bs terima. Karena dunia ini akan jd lebih indah jika setiap kita bisa menerima keberadaan orang lain apa adanya. Dukung doa gw terus spy bs terus melayani melalui blog ini dan banyak org mendapat berkat.

Semoga jadi berkat.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: