Be an Example! Be a witness in everywhere

Excellent Spirit

Posted in Teaching by Be example on Maret 9, 2008
Ps. Lydia Yusuf – 11/09/2005

Lydia Yusuf Ams 4 : 18
Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang seperti rembang tengah hari.

Bagaimana sebenarnya kehidupan kristen yang normal. Orang sering membayangkan gaya hidup jatuh bangun adalah normal ? Kita berulang2 mengaku dosa, tiap hari, minggu, bulan/ thn, apakah benar ??
Ilustrasi :
Seorang anak yang memecahkan guci kesayangan ayahnya. Ia sangat ketakutan & langsung menemui ayahnya. Dengan gemetar ia berkata : “sorry” ayahnya bangga melihat sikap anaknya & memaafkan. Malam harinya, sebelum tidur, dia datang lagi kepada ayahnya & berkata yg sama. Ayahnya menjawab : tadikan ayah sudah maafkan. Besok paginya anak itu datang lagi & berkata hal yg sama, ia mengulang2 kata tsb sampai seminggu. Menurut saudara bagaimana respon ayahnya ? Mungkin gangguan jiwa ??
Kita tertawa melihat sikap anak ini tetapi kitapun sering lakukan hal yg sama. Dosa kita 10,5,1 th or 1 bln yl yg sudah kita akui dihadapan Tuhan & telah diampuni dan dihapus olehNya, terus menerus kita akui dihadapanNya ?

Bagaimana kita dapat membangun roh yg kuat ?
1. Memiliki ketetapan hati
Daniel 1 : 8
Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja & dengan anggur yg biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu supaya ia tak usah menajiskan dirinya”
Pada waktu Daniel berada di negeri asing, ia termasuk orang yang dibuang ke Babel & salah satu pemuda yg dipilih untuk kerja di istana Nebukadnesar. Daniel punya ketetapan hati untuk tidak menajiskan diri terhadap makanan yang akan disantapnya. Memang orang lebih mudah mengikuti arus dari pada melawan arus.
Apabila ingin membangun roh yg kuat harus mempunyai ketetapan hati:
• 1. Ketetapan hati terhadap mulut
Mulut adalah organ kecil yg berpengaruh besar. Melalui mulut atau perkataan, seseorang bisa dikuatkan, dibangkitkan atau dilemahkan. Hati2lah dengan perkataan atau mulut saudara. Jaga agar mulut & hati harus sama. Sedikit bicara banyak bekerja; silent is gold !! bukan banyak bicara sedikit bekerja. Hati2 gunakan mulutmu !! Lagu Sekolah Minggu.
Kita juga harus punya ketetapan hati terhadap apa yang kita makan atau minum. Segala sesuatu yg berlebihan itu kurang baik.
• 2. Ketetapan hati thd mata
Kelemahan seorang laki2 adalah matanya; apa yang ia lihat ? Ayub 31:1
Aku telah menetapkan syarat bagi mataku masakan aku memperhatikan anak dara ?
Kita harus menjaga apa yang kita lihat & baca. Jika kita tidak menjaganya, akan dapat mempengaruhi hidup kita.
• 3. Ketetapan hati terhadap telinga
Banyak informasi yg kita dengar, jika kita tidak mampu menyaringnya, hal tsb dapat membuat pikiran kita terkontaminasi. Otak kita seperti hard disk, maka kita harus mendelete file2 yg tdk perlu !
• 4. Ketetapan terhadap h a t i
Amsal 4 : 23
“Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan karena dari situlah terpancar kehidupan”
Sangat perlu untuk menjaga hati ..Jangan ada irihati, amarah, dendam bila melihat orang lain diberkati, dipakai Tuhan …
Yusuf bermimpi & cerita kepada saudara2nya, yang marah & irihati adalah saudara2nya.
Habel, persembahannya diterima Tuhan, yg iri adalah Kain, sdr kandungnya …… Jadi kita sangat perlu menjaga h a t i !!

Orang yang memiliki ketetapan hati harus memiliki Prinsip. Kalau kita tidak memiliki prinsip mudah diombang ambingkan !
Ilustrasi :
Ada seorang ayah & anak pergi ke pasar hewan untuk membeli keledai kecil. Setelah melihat2, mereka memilih keledai yg kuat & sehat. Kemudian keduanya menuntunnya. Ada sekelompok orang berkomentar .. “keledai baru dibeli, mengapa tidak dinaiki?” mendengar hal itu sang ayah berkata, “benar juga, naiklah nak!” setelah beberapa ratus meter, ada yg berkomentar” dasar anak tidak tau diri, panas2 begini, dirinya naik keledai, ayahnya disuruh jalan”. Dengar hal itu, anaknya berkata : Yah, salah, engkau yang naik”. Akhirnya ayah itu menaiki keledainya. Setelah berjalan + 1 km ada sekelompok orang berpendapat, “Bapak tidak kasihan pada anak, dirinya enak2, sedang anaknya disuruh jalan”..dengar hal itu sang ayah berkata : nak salah lagi, naiklah” Setelah beberapa waktu, ada 2 orang yang melihat mereka & berteriak: Bapak & anak tidak punya prikehewanan, masak keledai kecil dinaiki 2 orang, lihat sampai mau mati” Ayah & anak berhenti & melihat benar juga keledai itu kelelahan & tidak bisa jalan… Akhirnya bapak & anak memutuskan untuk menggotongnya. Setelah sampai dekat rumahnya, orang2 mencela & berkata, bapak & anak sama gilanya, beli keledai koq dipikul….”

Apabila kita tidak mempunyai prinsip, akan diombang ambingkan oleh pendapat orang2 lain. Orang Kristen harus tampil beda berani melawan arus. Ketika sekitar kita merokok, nonton film porno, bergossip dsb kita tidak ikut2an !
Daniel mempunyai ketetapan hati, hasilnya : Dan 1 : 20
“Dalam tiap2 hal yang memerlukan kebijaksanaan & pengertian yg ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka 10 x lebih cerdas dari pada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya”.
Apabila kita memiliki ketetapan hati akan terjadi terobosan dalam keluarga, bisnis, keuangan, pekerjaan, sekolah & pelayanan….

2. Mengandalkan Tuhan
Dan 2 : 17-19
18 dengan maksud supaya mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu supaya Daniel & teman2nya jangan dilenyapkan bersama2 orang2 bijaksana yg lain di Babel”
19 Maka rahasia itu disingkapkan kepada Daniel dalam suatu penglihatan malam. Lalu Daniel memuji Allah semesta langit.

Setiap kita pernah menghadapi masalah, tantangan, rintangan & hambatan tetapi bagaimana sikap kita ? Kita sering anggap bahwa masalah kitalah yg paling berat, is it right ?
Ilustrasi :
Pedagang jeruk manis, silahkan coba. Setelah mencicipi jeruk tsb, seorang bapak beli 2 kg. Di perjalanan ia mengambil jeruk & memakannya. Betapa kaget & marah karena jeruk yg dia beli sangat kecut. Dia datang ke penjual sambil marah :”kamu nipu saya, jeruk ini sangat kecut beda dengan yg ditawarkan”..si penjual menjawab dengan tenang “bapak ini baru beli 2 kg saja sudah marah2, saya yg sudah beli 2 kw kecut semuanya saja tidak marah”….. ??

Saat hadapi masalah, kita merasa bahwa masalah kitalah yang paling berat, susah & sedih tapi kalau kita “melihat keluar” masih banyak orang yg lebih menderita & sengsara daripada kita.

Persoalan yg dihadapi Daniel adalah hal yg mustahil, MENGAPA karena Nebukadnesar mimpi tetapi ia lupa akan mimpinya & minta orang2 pandai untuk memberitahu mimpi & artinya; apabila mereka tidak bisa mereka & keluarganya akan dibunuh .. ???
Daniel menghadapi situasi yg sangat sulit & berat namun ia membawa perkara, persoalan & tantangan yg dihadapi kehadapan Tuhan. Ini pengajaran dasar tetapi sering dilupakan orang2. Kita sering berusaha dengan kemampuan kita tetapi lupa bahwa kemampuan kita terbatas. Oleh sebab itu kita perlu Allah yg tidak terbatas yg sangat sanggup menolong ! Kita harus bergantung & lebih bergantung kepadaNya. Yer 17 : 5; 7
5 Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yg mengandalkan manusia, yg mengandalkan kekuatannya sendiri & yg hatinya menjauh dari pada TUHAN!
7 Diberkatilah orang yg mengandalkan TUHAN yg menaruh harapannya pada TUHAN !

Kita harus selalu berpegang erat pada Tuhan, tidsk hanya saat situasi sulit tetapi juga saat baik & nyaman, tidak boleh melupakanNya !!
Jika kita andalkan Tuhan, maka Dia akan menolong kita dengan cara yg ajaib !!!
“Dia sanggup Dia sanggup melakukan perkara yg besar !!!
Tuhan yg menyingkapkan mimpi Nebukadnezar bagi Daniel, juga mau menyingkapkan masalah yg saudara hadapi …Dan 5 : 12
12 karena pada orang itu terdapat roh yg luar biasa & pengetahuan & akal budi sehingga dapat menerangkan mimpi, menyingkapkan hal2 yg tersembunyi & menguraikan kekusutan yakni pada Daniel yg dinamai Beltsazar oleh raja. Baiklah sekarang Daniel dipanggil dan ia akan memberitahukan maknanya!”

3. Memiliki kehidupan doa.
Daniel 6 : 11
“Demi didengar Daniel bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap2 yg terbuka ke arah Yerusalem; 3x sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yg biasa dilakukannya”.
Daniel memiliki roh yg kuat karena mempunyai persekutuan pribadi dengan Allah. 3x sehari ia menghadap Allah dalam doa & pujian. Terus menerus sehingga sudah menjadi kebutuhan dasar untuk bersekutu dengan Tuhan. Daniel sungguh2 menikmati saat2 ia bergaul akrab dengan Allah dalam doa ….
Kunci keberhasilan tokoh2 PL & PB adalah memiliki akses langsung dengan Tuhan melalui persekutuan pribadi.
• Abraham yg tawar menawar dengan Tuhan untuk keselamatan Lot – Sodom
• Yakub yg bergulat dengan malaikat & mengubah jalan hidupnya
• Musa wajahnya bercahaya…
• Yesus pagi2 benar berdoa …
Doa adalah kekuatan orang percaya !
Kunci terobosan bagi anak2 Tuhan adalah D O A.
Apabila kita mau memiliki roh yg kuat, tidak ada jalan lain kecuali melekat denganNya lewat doa & membaca firmanNya.
Daniel = Tuhan adalah hakim & itu nyata dalam hidupnya, Daniel dibela Allah karena ia tidak bersalah. Perlindungan Tuhan sangat ajaib. Daniel 6 : 23
“Allahku telah mengutus malaikatNya untuk mengatupkan mulut singa2 itu, sehingga mereka tidak mengapa2kan aku karena ternyata aku tak bersalah dihadapanNya tetapi juga terhadap tuanku, ya raja, aku tidak melakukan kejahatan.”

Mazmur 34 : 8
Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang2 yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka

http://www.rocksydney.org.au/sermon/?id=274

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: