Be an Example! Be a witness in everywhere

PASKAH: KEMATIAN YG MEMBAWA KEHIDUPAN

Posted in Teaching by Be example on Maret 20, 2008

walshga.jpg YOHANES 12:20-36
Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani. Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya: “Tuan, kami ingin bertemu dengan Yesus.” Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus. Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya: “Telah tiba saatnya Anak Manusia dimuliakan. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.
Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.
Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

PERAYAAN PASKAH SUDAH DEKAT
Kamis sore domba paskah disembelih mengingat peristiwa malam sebelum Umat Israel berangkat dari Mesir. Bulan itu menjadi bulan pertama dalam tahun Israel (Nisan/Abib).

Kitab Keluaran 12 ayat 1-3: Berfirmanlah Tuhan kepada Musa dan Harun di tanah Mesir, “Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun. Katakanlah kepada segenap jemaah Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini diambillah oleh masing-masing seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga.”
ayat 26-27 “Dan apabila anak-anakmu berkata kepadamu, apakah artinya ibadahmu ini? maka haruslah kamu berkata, itulah korban Paskah bagi Tuhan yang melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir, ketika Ia menulahi orang Mesir, tetapi menyelamatkan rumah-rumah kita. Lalu berlututlah bangsa itu dan sujud menyembah.”

Dalam Teks ini Orang-orang Yunani juga mencari Yesus. Semua orang tahu bahwa banyak pemikiran-pemikiran yang hebat dihasilkan oleh para filsuf Yunani.

Namun dibandingkan Yesus Kristus tak akan pernah dapat menandingi hikmat dan kuasaNya. Karena sebagaimana dalam kitab Roma 1:18-23 menyimpulkan bahwa BANGSA DGN PERADABAN TINGGI, PEMIKIRAN ULUNG, PEDAGANG ULUNG, MISTIKUS, POLITIKUS, PEMIMPIN AGAMA, DERMAWAN NAMUN TANPA PENGENALAN & PENERIMAAN AKAN YESUS KRISTUS “TAMPAK BERHIKMAT” TETAPI ALKITAB MENYEBUTNYA TELAH MENJADI BODOH KARENA MENGGANTI KEMULIAAN ALLAH YG TDK FANA DGN GAMBARAN MIRIP MANUSIA, BURUNG-BURUNG, BINATANG ATAU BINATANG MENJALAR(SIMBOL/OBJEK PENYEMBAHAN)

SEJALAN DENGAN PERINTAH TUHAN DALAM KELUARAN 20:2-5:
2 “Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. 3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. 4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. 5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya”. (IDOL=ILAH/DEWA=BERHALA)
Paskah paskah 2008
TIDAK BERARTI BAHWA ORANG TANPA TUHAN YESUS BERPERILAKU JAHAT, BERSIFAT JELEK, BODOH SECARA INTELEKTUAL, SERAKAH & PELIT, PEMBUNUH & PERUSAK, PEMERKOSA & PEMFITNAH, PEZINAH & KORUPTOR, PEMALAS DAN PENGKHIANAT. Karena SEMUA MANUSIA MEMILIKI HATI NURANI maupun PRINSIP MORAL UNIVERSAL (ATURAN KEBAIKAN UMUM), ATURAN MASYARAKAT dan ATURAN BANGSA.

Hal Ini Menjamin adanya Keteraturan Dan Standar Moral Yg Sama Utk Mencegah Kekacauan dalam Keluarga, Masyarakat Dan Bangsa TAPI SUKU BANGSA DGN KEUNGGULAN DALAM TEKNOLOGI, KEBUDAYAAN, SENI, MORAL UMUM TIDAK SELALU BERHUBUNGAN DENGAN KEMAJUAN SPIRITUAL SEJATI (KEBANYAKAN USAHA SPIRITUAL MANUSIA BERHUBUNGAN DENGAN PENCARIAN MATERI/BERKAT JASMANI/RASA AMAN/RASA DAMAI ATAU JIKA TIDAK DARI AJARAN ASLINYA TELAH BERGESER TUJUAN UTAMANYA)

Lagi Pula TIDAK SEMUA HAL DIMILIKI HANYA KARENA UNGGUL DALAM SUATU BIDANG:
BANGSA DGN PERADABAN TINGGI, PEMIKIR ULUNG, PEDAGANG ULUNG, MISTIKUS, POLITIKUS, PEMIMPIN AGAMA, DERMAWAN, SOPAN, ETIKET TINGGI
Sebagaimana Org kaya tidak pasti bahagia? Org miskin tidak pasti rendah hati? Pedagang kain yg sukses pasti sukses disemua jenis bisnis lain? Dokter selalu sehat dan tidak mungkin sakit. Jika cantik pasti gampang dapat jodoh? Kalau cinta pasti rukun?

Paskah Paskah 2008
MANUSIA TANPA YESUS KRISTUS
DAPAT SAJA MENJADI MANUSIA YG TERTIB, BAIK, SUKSES, SENANG, BEBAS, MAJU, SEHAT, MAKMUR, CANTIK, KUAT, GAGAH, KAYA, BERAGAMA, BERETIKA, PENUH TOLERANSI, SABAR, ALWAYS SMILE, PANJANG UMUR, TENANG-TENANG SAJA, PENUH PERHATIAN, PEDE, TETAPI TANPA TUHAN YESUS PADA AKHIRNYA BINASA

Amsal 16:25 Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

Markus 8:30:

Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi ia kehilangan nyawanya?

HANYA YESUS YANG PERNAH BERKATA BERKATA
“AKULAH JALAN DAN DAN KEBENARAN DAN HIDUP TDK ADA SEORANGPUN SAMPAI KEPADA BAPA JIKA TDK MELALUI AKU”

YOHANES 12:20-36

4 Akibat Kematian Kristus di Kayu Salib:

1. Tanpa pengorbanan/kematian Yesus tidak akan ada kehidupan
Efesus 2:1,4,5: – Didalam dosa=mati
– Didalam Yesus=Hidup
Yohanes 12:24,25: Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. Kehidupan manusia hanya berbuah apabila sumber kehidupan ada didalamnya.
– Berbuah: Menghasilkan;Berarti;Bernilai;Berguna

2. Orang yang hanya hidup untuk mempertahankan kehidupan justru akan kehilangan Hidup Yang Sesungguhnya
Yohanes 12:25: Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.
Mencintai nyawa/hidupnya: Mengisi hidup hanya utk tubuh dan kenikmatan
Melayani Tuhan=Mengikut Tuhan=Berada dimana Tuhan ada

3. Kehidupan dibebaskan dari perbudakan Setan (penguasa Dunia)
Yohanes 12:31: Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;
– JIKA DULU SETAN DILEMPARKAN KE BUMI, MAKA SALIB KRISTUS MELEMPARKAN IBLIS KELUAR. Salib Kristus (Darah Yesus) menjadi tanda kemenangan atas Setan

4. Kehidupan ada karena Salib Kristus
Yohanes 12:32-34: dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku.” Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati. Lalu jawab orang banyak itu: “Kami telah mendengar dari hukum Taurat, bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau mengatakan, bahwa Anak Manusia harus ditinggikan? Siapakah Anak Manusia itu?”

Pemberitaan tentang Salib (Berita tentang pengorbanan Yesus) adalah daya tarik kekristenan sejati. Bukan musik, berkat, kesembuhan dll.

5. Kehidupan yang diterangi oleh Terang Dunia menjadikan kita anak terang
Yohanes 12:35-36: Kata Yesus kepada mereka: “Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi. Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang.”

http://pendetason.blogspot.com/feeds/posts/default

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: