Be an Example! Be a witness in everywhere

Tips Menjadi Rekan Kerja yang Baik

Posted in Bussiness, Job, Karir, Tips by Be example on April 25, 2008


Meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan bagaimana pandangan orang terhadap diri kita merupakan latihan penting yang dapat memberikan dampak lebih jauh. Yang paling penting adalah menyadari untuk selalu berperilaku sopan dan pantas. Jika Anda sungguh-sungguh berpikir mengenai bagaimana dampak perilaku Anda terhadap rekan sekerja yang lain, Anda akan mengerti bagaimana berperilaku sopan dan baik dan bagaimana memperbaiki hubungan Anda dengan sesama rekan sekerja. Berikut ini tips untuk membantu Anda untuk menjadi rekan sekerja yang lebih baik:

1. Pelankan
Pelankan suara Anda saat berbicara di telepon, pelankan suara iPod Anda, pelankan cara Anda membuka dan menutup laci, pelankan bunyi ketikan Anda pada keyboard komputer. Rekan sekerja Anda yang lain akan sangat menghargai Anda bila Anda tidak berisik.

2. Jaga ego. Jangan menyombong
Tentu saja hebat bila baru-baru ini Anda berhasil mendapatkan kata sepakat dengan pelanggan yang susah atau berhasil melakukan pukulan golf yang sulit pada pertandingan golf yang lalu. Tidak perlulah rekan kerja Anda mendengar kehebatan Anda dari mulut Anda. Simpan keberhasilan Anda sampai orang lain mengetahuinya sendiri dan memberikan pujiannya secara langsung kepada Anda.

3. Hindari Politik Perusahaan
Jika beredar gosip di kantor, jangan berikan komentar Anda walaupun tentang orang yang tidak Anda sukai. Jangan sampai komentar Anda terhadap gosip yang sedang berkembang menjadi bumerang bagi Anda.

4. Rapi
Selalu rapi terhadap segala sesuatu yang Anda pakai, misalnya mencuci gelas atau piring sehabis Anda gunakan. Jangan tinggalkan di wastafel atau di pantry secara sembarangan dan memberi kesan seolah-olah bukan tugas Anda untuk membersihkannya.

5. Sopan bertelepon
Set telepon genggam Anda pada posisi silent. Belum tentu nada suara telepon genggam Anda disukai oleh orang lain dan justru membuat orang lain tidak dapat berkonsentrasi bekerja pada saat berbunyi.

6. Kurangi pajangan
Pastikan Anda tidak memajang berbagai pajangan dan foto di tempat kerja. Mungkin bagi Anda pajangan serta foto-foto yang Anda pampang membuat Anda merasa betah tetapi Anda harus sadar belum tentu orang lain menyukainya.

7. Kendalikan diri
Usahakan untuk tidak membeberkan ketidakbahagiaan kehidupan pribadi maupun profesional Anda. Rekan sekerja Anda akan ngeri melihat sikap negatif Anda saat menghadapi kejadian tertentu.

8. Menghormati milik orang lain
Waktu yang Anda habiskan dengan rekan sekerja biasanya lebih banyak bila dibandingkan dengan waktu yang Anda habiskan dengan keluarga. Oleh karena itu rekan sekerja Anda akan menghargai bila Anda tidak menggunakan milik pribadi mereka semaunya, misalnya tidak menggunakan bolpen atau penghapus teman seenaknya.

9. Jangan bergosip
Tentu saja Anda perlu berkomunikasi dengan sesama rekan sekerja tetapi jika ada rekan sekerja yang menceritakan gosip kepada Anda, simpan gosip tersebut untuk diri Anda sendiri. Anda harus menyadari bahwa semua yang ada di situ tujuannya untuk bekerja. Berbicaralah seperlunya saja dan jangan habiskan waktu Anda untuk mengobrol berjam-jam.

Lingkungan terbaik untuk bekerja adalah tempat di mana antar sesama rekan sekerja dapat saling akur dan membangun persahabatan. Meskipun demikian jika ada masalah yang terjadi di antara sesama rekan sekerja sangatlah penting untuk segera mengenalinya dan memperbaikinya. Menjaga kerja sama yang baik dan lingkungan yang ramah dan sehat merupakan kepentingan terbaik, bagi Anda maupun bagi perusahaan.

Tagged with: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: