Be an Example! Be a witness in everywhere

MELIHAT SEBUAH AKHIR DARI AWAL

Posted in Motivasi, renungan, Teaching by Be example on Mei 6, 2008

Seseorang bisa melihat karena matanya berfungsi, seseorang mempunyai visi karena mata hatinya berfungsi. Mata Anda hanya dapat melihat apa yang kelihatan atau apa yang ada sekarang, namun mata hati dapat melihat apa yang belum terjadi atau yang masih harus terjadi.

Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal. 2Korintus 4:18

Sementara artinya tidak akan selamanya demikian atau akan segera berlalu. Dalam keadaan sulit atau krisis atau problem besar, ketahuilah apa yang dapat Anda lihat sekarang dengan mata adalah sementara sifatnya, badai akan segera berlalu.

Orang yang dapat melihat belum tentu mempunyai visi dalam hidupnya.

Ada juga yang percaya bahwa mereka mempunyai mimpi atau visi, tetapi dengan berselangnya waktu apakah mereka semakin dekat dengan apa yang diimpikan atau semakin jauh?

Pertanyaannya adalah: Apakah yang mereka kerjakan sekarang ini berhubungan langsung dengan apa yang mereka impikan di masa yang akan datang?

Contoh: Di sekitar kita banyak orang sibuk, setiap hari mereka memeras keringat dan mengerjakan seseuatu yang kelihatannya penting, namun pada akhirnya kalau mereka mau jujur melihat ke belakang (biasanya dilakukan pada setiap akhir tahun) mereka tetap berada di tempat bahkan mundur dari tahun sebelumnya. Illustrasi: seperti orang lari di treadmill.

Apa itu visi ? Visi adalah :

– kemampuan seseorang untuk melihat sebuah akhir dari permulaan,

– kemampuan untuk melihat masa depan seperti yang Tuhan inginkan sebelum menjadi kenyataan, seeing the end from the beginning.

– Sebuah konsep yang jelas tentang sesuatu yang belum terjadi namun dapat menjadi kenyataan.

Jesus berkata kepada mereka (Simon Petrus dan Andreas): “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” (Matius 4;19)

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.” (Yohanes 16:33)

Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. (Roma 8:37-39)

Mengapa visi penting?

Tanpa pandangan yang jelas ke depan maka hidup seseorang akan kehilangan makna. Bersama dengan hilangnya makna maka hilang pula pengharapan. Orang yang tidak punya pengharapan hidupnya penuh dengan keluhan, kesal/sebel terhadap apa saja, termasuk pekerjaan, relationship, bisnis, sekolah dll.

Jadi visi sebenarnya adalah kunci kehidupan sebab kalau seseorang mempunyai visi maka ia mempunyai pengharapan dan kalau ada pengharapan berarti iman bisa muncul dan iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang belum kita lihat.

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
Ibrani 11:1

Sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat (2Korintus 5:7)

Tuhan memberikan kepada kita kemampuan untuk mempunyai visi atau melihat ke depan supaya kita tidak hanya hidup terpaku dengan apa yang kita lihat sekarang.

Bagaimana mengerti sebuah visi?

Hidup Anda ada tujuannya. Tujuan hidup adalah sumber dari datangnya sebuah visi.

Bukankah untuk melakukan sesuatu Anda harus tahu apa tujuannya kemudian dapat gambarannya baru mulai realisasinya. Sama seperti seorang designer (fashion, building, art, etc), mereka punya tujuan untuk membuat sesuatu kemudian mencoba untuk menggambarkan sehingga menjadi sesuatu sampai jadi sebuah blueprint kemudian baru memulai pengerjaannya.

Jadi tujuan dan visi ada sebelum pekerjaan dimulai. Purpose is established before the production. Bukankah Anda sering lewat tempat dimana terpampang papan besar dengan sebuah gambar gedung dan tertulis akan segera dibangun.

Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. (Efesus 2:10)

Kita adalah ciptaan Allah, dan melalui Kristus Yesus, Allah membentuk kita supaya kita melakukan hal-hal yang baik yang sudah dipersiapkan-Nya untuk kita. (BIS)

Inilah cara Tuhan bekerja (sama sebenarnya dengan cara manusia bekerja karena kita diciptakan serupa dan segambar dengan Dia): Pertama-tama Tuhan memberitahukan bagaimana nanti hasil akhirnya kemudian Dia kembali ke awal (reality) untuk memulai proses pekerjaan dari apa yang sudah digambarkan.

Jadi Anda bukan kebetulan ada di dunia ini, ada maksud Tuhan atau ada pekerjaan baik yang Anda harus lakukan. Kelahiran Anda di dunia ini adalah bukti bahwa ada proyek yang sudah di design Tuhan sebelumnya yang harus Anda laksanakan dan bukan sebaliknya (Tuhan baru mikir tentang apa yang harus Anda lakukan).


Ps. Jeffrey Rachmat

Jakarta Praise Community Church

http://dategreengarden4jpcc.blogspot.com/

Tagged with: ,

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. foamstudio24 said, on Mei 6, 2008 at 11:25 pm

    haleluya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: