Be an Example! Be a witness in everywhere

3:16 Angka Pengharapan

Posted in renungan by Be example on Mei 15, 2008

Nikodemus datang pada malam hari. Pada saat bayang-bayang kegelapan menyelimuti kota, ia melangkah keluar, menyelinap tak terlihat menyusuri jalan-jalan setapak yang berbatu, berkelok-kelok. Nikodemus mengetuk pintu, Yesus memberi isyarat agar tamu itu duduk.

Nikodemus memulai dengan apa yang ia “ketahui”. Aku telah melakukan pekerjaan rumahku, maksudnya. Pekerjaan-Mu membuat aku takjub.

Yesus tidak menyebutkan status Nikodemus yang mahapenting, maksud baik, atau kredensi akademik Nikodemus. Dia cukup mengeluarkan pernyataan ini, “Kecuali jika seseorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah”. (Yohanes 3:3, NKJV)

Seperti kita, Nikodemus pun ragu-ragu. Lahir kembali? “Bagaimana mungkin seseorang dilahirkan jika ia sudah tua?” (ayat 4, NKJV)

Lahir kembali. Lahir adalah tindakan pasif. Anak dalam kandungan tidak memberikan kontribusi apa pun dalam proses persalinan. Ibu mendorong, berjuang, dan melahirkan. Kelahiran kembali secara rohani membutuhkan orangtua yang cakap, bukan yang terampil.

Bahasa Yunani menawarkan dua pilihan untuk kata kembali :

  1. Palin, yang berarti pengulangan suatu tindakan; melalukan kembali apa yang dilakukan sebelumnya.
  2. Anothen, yang juga menggambarkan tindakan yang berulang, tetapi membutuhkan sumber yang asli untuk mengulanginya. Dengan kata lain, pihak yang melakukan pekerjaan itu pertama kali melakukannya kembali. Ini adalah kata yang dipilih Yesus.

Lahir : Allah mengeluarkan upaya
Kembali : Allah memulihkan keindahannya.


Pemikiran itu membuat Nikodemus terperangah. “Bagaimana mungkin hal itu terjadi?” (ayat 9). Yesus menjawab dengan mengarahkan dia ke berlian Harapan Alkitab.

Karena Allah begitu mengasihi dunia ini. Sehingga IA telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Jika Anda tidak mengetahui apa-apa tentang Alkitab, mulailah dari sini. Jika Anda mengetahui segalanya dalam Alkitab, kembalilah kesini. Inti permasalahan manusia adalah hari manusia. Dan pengobatan Allah diresepkan di YOHANES 3 :16.

Dikutip dari : 3:16, Angka Pengharapan, Max Lucado

http://www.rumahrenungan.com

Buku “3:16 Angka Pengharapan” Karangan Max Lucado saat ini sedang saya baca. Buku ini cukup bagus. Dg gaya penulisan max yg spt novel, buku ini akan membuat anda sedikit berpikir. Isi buku membahas ttg Yohanes 3:16 dg berbagai ilustrasi. Buku ini layak anda baca. GBU. (Valent)

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Yudhi H.Gejali said, on Mei 17, 2008 at 4:40 pm

    I love this…
    We can’t see GOD….Unless GOD make us can see…
    We can’t believe in GOD….Unless GOD make us believe…

    Reborn…???
    Die to our self and let Jesus live in us…

    It’s God grace..
    But it’s also our choice..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: