Be an Example! Be a witness in everywhere

Kunjungan Doraemon Sebagai Duta Besar Jepang

Posted in Hot News by Be example on Juni 19, 2008


Si kucing gendut Doraemon kini tidak hanya memiliki tugas sebagai penolong Nobita dalam kesusahan, tetapi juga menjadi duta besar kebudayaan animasi Jepang. Gelar ini diberikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Jepang Masahiko Komura pada 19 Maret 2008 di Departemen Luar Negeri Jepang.
Setelah menjadi duta besar, Doraemon akan datang ke Indonesia pada Selasa (17/6) di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. “Halo, saya Doraemon, duta besar kebudayaan animasi Jepang,” demikian bunyi pesan yang diucapkan robot Doraemon setinggi satu meter di kedutaan, seraya menyatakan harapan untuk bekerja sama.
Doraemon menjadi duta besar budaya animasi Jepang untuk negara-negara di seluruh dunia, namun khusus di Indonesia penunjukan ini sekaligus memperingati setengah abad terjalinnya persahabatan Indonesia dan Jepang.
Menurut Yukari Kaje, atase kebudayaan Jepang untuk Indonesia, pemilihan Doraemon didasarkan atas banyak hal. “Dalam fiilm animasi Doraemon kita bisa melihat berbagai kebudayaan Jepang, cara berpikir orang Jepang, serta keseharian orang Jepang itu sendiri,” katanya.
Selain itu Yukari menambahkan bahwa dalam film animasi Doraemon juga terdapat nilai-nilai budaya Asia, yaitu menghormati orang tua.
Adapun untuk memeriahkan acara 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang, Kedubes Jepang beserta Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang menyelenggarakan acara Doraemon Dreamland, yaitu acara yang mempersembahkan 17 jenis permainan serta area penjualan makanan, seperti makanan kesayangan Doraemon, dorayaki.
Acara ini berlangsung pada 20-29 juni 2008 di Kartika Expo, Balai Kartini Jakarta. Acara terbuka untuk umum dengan harga tiket Rp 100.000 pada hari kerja dan Rp 125.000 untuk hari Sabtu dan Minggu.

Tagged with: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: