Be an Example! Be a witness in everywhere

9 Rahasia manfaat mengkonsumsi apel…

Posted in Hot News by Be example on Agustus 31, 2008

Siapa yang tidak tahu akan buah yang satu ini. Dari anak kecil hingga yang dewasa semua mengenalnya. Adalah apel buah kecil mungil yang banyak kita temukan di Supermarket ataupun pasar tradisional.

Dibalik kulitnya yang halus ternyata mengandung berbagai manfaat. Adapun manfaat yang kita peroleh dari mengkonsumsi apel yaitu :

1. Menurunkan kadar kolesterol.

Apel dikenal mengandung fitokimia, zat antioksidan yang efektif melawan kolesterol jahat (LDL). Life Sciene tahun 1999 menulis, selain menurunkan kadar kolesterol jahat, juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kandungan Pektin dan Asam D-glucaric dalam apel berjasa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru.

National Cancer Institue di AS melaporkan, zat flovanoid apel terbukti dapat menurunkan resiko kanker paru-paru sampi 50%. Penelitian dari Cornell University di AS juga menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43%.

3. Mencegah penyakit jantung dan stroke.

British Medical Journal (1996) mencatat, apel terbukti mencegah serangan stroke. Publikasi penelitian di Finlandia (1996) menunjukkan, orang berpola makan kaya flavonoid mengalami insiden penyakit jantung lebih rendah.

4. Menurunkan berat badan.

Sebagai sumber serat yang baik, apel baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Apel merupakan camilan yang sangat baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan karena kadar seratnya yang tinggi, sehingga mencegah rasa lapar datang lebih cepat.

5. Menjaga kesehatan gigi.

Apel juga mengandung Tanin, zat yang bermanfaat mencegah kerusakan gigi periodontal. Penyakit gusi ini disebabkan saling menempelnya bakteri pembentuk plak gigi. Itu menurut Journal of American Dental Association (1998).

6. Menjaga kecantikan perempuan.

Kandungan Boron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat menopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh tidak keseimbangan hormon di kala menopause, misalnya semburan panas, nyeri, depresi, penyakit jantung, dan osteoporosis.

7. Melindungi tubuh dari virus flu

Konowalchuck pada tahun 1978 mempublikasikan mengenai efek anti virus dalam minuman sari buah apel. Menurutnya, sari buah apel sangat baik untuk melawan serangan infeksi virus karena stamina dan kekebalan tubuh meningkat berkat konsumsi sari apel tersebut.

8. Mencegah bayi cacat pada waktu proses kelahiran

Kandungan Folic Acid atau dikenal sebagai B Complex adalah sumber utama dari buah apel ternyata dapat mencegah bayi cacat pada waktu dilahirkan.

9. Mencegah kepikunan

Manfaat dari buah apel lainnya adalah untuk mencegah kepikunan atau penyakit pikun, karena buah apel banyak mengandung vitamin dan antioksidan.

sumber : Blogger

Tagged with: ,

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. den roney said, on Oktober 19, 2010 at 11:03 pm

    apakah semua apel sama funsinya???
    meski itu beda dalam bentuknya, warna dan jenis?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: