Be an Example! Be a witness in everywhere

Tips Memilih Hosting dan Domain

Posted in Tips by Be example on Oktober 24, 2008

Indonesia Web Hosting Memilih web hosting rasanya begitu mudah. Kebanyakan pelanggan hanya melihat harga dan fasilitas yang ditawarkan. Padahal di luar itu banyak sekali hal yang seharusnya menjadi pertimbangan utama dalam memilih web hosting.Hampir semua perusahaan berlomba – lomba menawarkan harga semurah mungkin dengan fasilitas serba tidak terbatas. Bahkan ada juga yang menawarkan fasilitas space tidak terbatas. Hal ini sangat mustahil karena hampir semua infrastruktur yang mendukung web hosting memiliki keterbatasan – keterbatasan yang tidak dapat dihindari.

Harga vs. Kualitas

Merupakan marketing gimmick yang cukup menyesatkan jika ada yang menyebutkan bahwa harga tidak berbanding dengan kualitas. Biaya adalah sebuah konsekuensi logis untuk menghadirkan sebuah layanan yang benar – benar dapat diandalkan.Sering kali pemain bisnis hosting yang baru terjun di bisnis ini hanya memperhitungkan resource space dan traffic limit. Padahal di luar itu banyak sekali batasan – batasan lain sebuah server di antaranya adalah CPU load dan Memmory. Oleh karena itu jika harga yang di tawarkan sangat murah maka konsekuensinya adalah pengurangan – pengurangan fasilitas hosting yang berpotensi besar menimbulkan beban berlebih pada server. Jika ada yang menawarkan harga sangat murah namun tetap menawarkan fasilitas – fasilitas yang fantastis, maka hal ini seharusnya menjadi tanda tanya besar.

Serba Unlimited? Impossible!

Aplikasi yang biasanya dapat membuat CPU load menjadi tinggi di antaranya adalah web itu sendiri, database, mailing list, dan FTP. Untuk itu biasanya perusahaan web hosting membatasi jumlah mailing list, FTP account, dan database untuk menjaga reliabilitas layanan. Selain itu traffic per bulan juga dibatasi dengan asumsi jika traffic tinggi, maka beban server juga tinggi.Oleh karena itu review kembali pilihan Anda jika pilihan tersebut jatuh pada perusahaan web hosting yang menawarkan fasilitas serba unlimited.

Kepemilikan dan Pengaturan Domain

Domain sudah selayaknya menjadi milik pelanggan dan pelanggan berhak melakukan pengaturan terhadapnya. Oleh karena itu pelanggan harus diberikan akses ke control panel domain yang berfungsi untuk mengatur domain secara administratif (whois info / kepemilikan) dan teknis (pengaturan nameserver).Apabila kepada pelanggan tidak diberikan control panel pengaturan domain, maka jika suatu saat pelanggan ingin memindahkan hosting, melakukan pengaturan nameserver, dan perpindahan kepemilikan domain atau transfer ke registrar domain lain akan menemui kesulitan karena bergantung pada perusahaan hosting tempat pelanggan membeli domain tersebut.

Sumber : RumahWeb.com

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. cps said, on Oktober 31, 2008 at 9:22 am

    iya, bener tuh.
    di indo banyak yg ga kasih akses domain manager. :(:(:(:(

  2. Purba said, on Oktober 31, 2008 at 12:00 pm

    Saya kemarin baru beli hosting dan domain di http://www.websasdesing.com.
    Harga domain .com : 80rb/thn (tanpa DNS)
    Hosting 500 Mega Bandwith 50 Giga (Server di USA) : 25rb/thn

    Total : 105rb/thn.

    Kunjungin website saya : http://www.adabisnis.com dan http://blog.adabisnis.com

  3. hulkwebhost.com said, on November 24, 2009 at 8:13 am

    info yang sangat bagus bang..
    boleh ya bang sy sedikit promosi disini, mudah-mudahan jadi amal kebaikan buat abang🙂 http://hulkwebhost.com
    murah, dedicated, vps, colo, reseller hosting, shared hosting, lagi promo..
    koneksi kenceng..
    mp3, nulled script allowed…

    terima juga jasa pembuatan website murah..

    makasih udah di tampilkan komentar sy ini 🙂

  4. purbakuncara said, on November 24, 2009 at 4:08 pm

    @ Hulkwebhost.com
    Hi.. terima kasih telah berkomentar di blog ini… Iyah neh, susah skg cari hosting yg bener2 profesional… Kalau situs sudah rame trafficnya, langsung deh dibikin ga betah…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: