Be an Example! Be a witness in everywhere

Apa saya kena osteoarthritis?

Posted in Health life by Be example on November 11, 2008
Dear Doctor, this is my 2nd message. Yang pertama aku tidak terima balasannya. So, please dijawab ya. Umurku 24th. Sekitar 1th yang lalu aku mulai merasa kalau betisku linu / ngilu. Rasanya di dalam banget, jadi harus kutekan kuat-kuat baru kerasa. Sekarang rasa itu tiap hari aku alami. Kata dokter aku kena osteoarthritis. Aku ga boleh lagi pake sepatu hak tinggi, dikasih obat banyak banget. Sekarang sudah satu bulan lebih sejak ke dokter, rasa sakitnya masih sama padahal aku sudah turuti setiap larangannya. Saat ini aku coba acupunctur (10x) dan minum air kayu manis (dapat info dari teman). Tapi rasa sakitnya tidak berkurang.

Pertanyaanku: 1. Apa benar aku kena OA seperti kata dokter? Berarti rasa sakitku ini di tulang ya, bukan di otot? 2. Rasa sakitnya berpindah-pindah kadang di betis, lutut, telapak kaki, di ankle belakang (batas antara kaki & telapak), di paha atau kadang malah semuanya sakit. Tapi semua ada di kaki bagian kananku. Kok bisa seperti itu ya? 3. Ada tidak obat yang bisa menghilangkan rasa nyeri / linu / ngilunya? Dokter pernah kasih aku melaxicom, tapi waktu aku minum rasa sakitnya tetap tidak berkurang (yang bikin aku curiga apa benar aku kena OA)? 4. Lututku dari dulu kalau jongkok pasti bunyi, sampai sekarang masih seperti itu. Apa mungkin itu tanda awalnya dari semua rasa sakit ini? Aku juga dulu pernah beberapa kali kram kaki di tengah malam bahkan subuh.

Untuk info, aku sekarang sudah 2th kerja kantoran. Memang sih jarang gerak tapi pas berangkat dan pulang kerja aku pasti jalan kaki ke rumah +/- 20 menit tiap hari. Dulu memang aku jarang minum air, tapi akhir-akhir ini aku usahain minum sebanyak mungkin. Aku ikut program pengenalan budaya ke luar negeri tahun ini. Katanya rasa ngilu dapat dipicu oleh udara dingin jadi aku benar-benar berharap dapat info yang bisa bantu aku untuk secepatnya mengatasi masalah ini. Thx a lot

Dokter OBI Menjawab :

Osteoarthritis adalah suatu penyakit yang menyerang persendian atau dengan kata lain adalah radang sendi (Osteo : Tulang). Penyebab Osteoarthritis bisa disebabkan karena kurangnya kalsium sehingga pembentukan Osteosit dan Osteoblast (Zat pembentuk tulang) tidak maksimal. Bila kepadatan tulang menurun, maka akibatnya adalah akan mudah terjadi infeksi saat terbentur, atau tulang mendapat tekanan yang berlebihan. Bila keluhan semakin sering dirasakan, ada baiknya Anda melakukan foto rontgen untuk memastikan sejauh mana peradangan sendi sudah terjadi.

Sumber : Jawaban Health http://jawaban.com/news/health/detail.php?id_news=080921144010

Tinggalkan Balasan

