Be an Example! Be a witness in everywhere

Dari Diri Sendiri

Posted in Daily devotional by Be example on April 20, 2009

2 Korintus 7:1
Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 110; Lukas 22; Hakim-Hakim 7-8

Nehemia memberikan suatu pola menarik untuk pemulihan diri (Nehemia 12:30). Pada zaman Hizkia, setelah orang-orang Lewi menahirkan dirinya, mereka memasuki Bait Allah, mengeluarkan semua yang najis dan membuangnya ke Lembah Kidron (2 Tawarikh 29:16).

Dalam Perjanjian Lama, orang menjaga ketahiran dengan menghindari bersentuhan dengan orang lain, berpantang makan daging dan menggunakan benda-benda yang secara seremonial dinyatakan tahir, serta menjalankan prosedur-prosedur ritual yang melambangkan pembuangan kecemaran.

Pemulihan rohani dengan demikian adalah sebuah proses yang berkelanjutan. Paulus menegaskan prinsip tersebut dalam nas kita hari ini. Kata “marilah kita” menunjukkan perlunya keterlibatan dan keputusan kita untuk mengalami suatu pemulihan rohani. Ya, pemulihan rohani dimulai dari diri kita sendiri. Seorang hamba Tuhan, ketika ditanya bagaimana memulai suatu kebangunan rohani menjawab, “Pulanglah, kunci dirimu di kamar, dan berlututlah. Buatlah lingkaran di sekelilingmu dengan kapur dan mintalah Tuhan untuk memulai kebanguan rohani itu di dalam lingkaran kapur tadi. Bila Ia menjawab doamu, akan berkobarlah sebuah kebangunan rohani.”

Orang yang “menyala-nyala” karena mengasihi Tuhan dan mengalami pemulihan rohani akan sanggup “menyulut” orang lain untuk mengenal Tuhan.

Waspadailah apa saja yang Anda izinkan masuk ke dalam hati Anda karena itu akan menentukan kadar bersihnya.

Jawaban.com

Tak Bercela

Posted in Daily devotional by Be example on April 20, 2009

Daniel 6:5
Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 111; Lukas 23; Hakim-Hakim 9-10

Konspirasi yang diceritakan pada ayat di atas bermula dari keinginan Raja Persia untuk mengangkat Daniel sebagai penguasa seluruh pejabat di Persia. Tentu saja hal ini mengundang iri hati di kalangan pejabat yang lain. Apalagi Daniel bukanlah orang Media asli. Ia orang Yahudi, etnis kelas dua pada waktu itu. Akhirnya, para pejabat yang iri pada Daniel berusaha mencari-cari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukannya dan akan memberitahukannya pada raja supaya raja membatalkan pengangkatan Daniel menjadi penguasa atas mereka. Malahan kalau bisa Daniel dienyahkan.

Namun, mereka tidak bisa menemukan cacat cela Daniel. Tiada kesalahan, tiada pengkhianatan, tiada kelalaian, tiada pernah mencuri waktu dalam bekerja, tiada pernah menerima suap, dan pekerjaannya tak diragukan kualitasnya. Akhirnya komplotan ini mendapati “kesalahan” Daniel, yaitu ketaatannya beribadah kepada Tuhan dan itu dijadikan sebagai senjata untuk menjatuhkannya. Rencana itu berhasil dan raja pun mau tidak mau memerintahkan Daniel agar dimasukkan ke dalam gua singa. Tapi cerita Daniel di gua singa berakhir dengan pertobatan Raja Persia yang percaya kepada Tuhan. Integritas Daniel di hadapan Tuhan sanggup mengubahkan suatu bangsa.

Bangsa kita sangat membutuhkan orang-orang yang berintegritas tinggi untuk menyelamatkan bangsa ini. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda unggul dalam pekerjaan, jujur, tak bercela, dan setia? Kalau belum, maukah Anda berkomitmen untuk melakukannya sebagai bagian ibadah kepada Tuhan? Kita tidak bisa mengharapkan integritas dari orang lain. Mulailah dari diri kita sendiri dan lihatlah bagaimana integritas hidup kita akan berdampak terhadap orang-orang yang ada di sekeliling kita. Karena pembelaan Allah tidak pernah berakhir bagi orang yang mempertahankan integritasnya untuk melakukan kebenaran.

Walaupun setiap orang melakukan ketidakbenaran, tetap persembahkanlah diri Anda kepada kebenaran sesulit apa pun jalan ke arah itu.

Jawaban.com

Tetaplah Maju!

Posted in Daily devotional, renungan by Be example on Oktober 12, 2008

Roma 8:37
Tetapi dalam semuanya itu kita lebih daripada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 104; Yakobus 1; Yehezkiel 13-14

Di awal karirnya, presenter TV terkaya dunia Oprah Winfrey sempat direndahkan karena dianggap tidak profesional dan agak kampungan. Ketika menjadi reporter berita TV dia sering lupa naskah berita, bahkan sering bertindak seolah-olah dia pembawa acara talk show. Ia sering terbawa emosi dan ikut menangis dengan orang yang diwawancarainya.

Secara fisik, hidung Oprah yang terlalu besar, rambutnya yang terlalu tebal dan jarak antar matanya yang tidak proporsional membuat produser acara berita TV mendandani dan memberikan salon perawatan kecantikan untuknya.

Akhirnya dia dibuang dari acara berita TV yang dianggap berkelas ke acara talk show untuk ibu rumah tangga yang saat itu dianggap tidak keren. Tapi dari situlah karir Oprah melambung tinggi dan saat ini ia duduk dengan para pembesar. Ia berkata kegagalan adalah cara Tuhan untuk mengingatkan bahwa kita ada di jalur yang salah hingga Ia menunjukkan jalan lain yang lebih baik.

Penolakan berarti kegagalan jika kita tidak percaya pada dirinya sendiri, tapi bagi mereka yang yakin dengan dirinya, penolakan adalah suatu tantangan. D. Seybolt dan M. Wagner dalam “Psychological Report 1997” mengatakan kecenderungan dan kebiasaan untuk membangkitkan diri akan membawa kepuasan dan rasa lebih bahagia.

Kita perlu ingat bahwa kita adalah anak-anakNya. Tuhan mengatakan bahwa kita ini lebih dari pemenang oleh karena Dia adalah Bapa yang mengasihi kita. Jadi jangan lagi menganggap diri kita terlalu sepele karena kasih karunia Tuhan beserta kita.

Menurut Allah, kita sangat berharga.

http://jawaban.com/news/spiritual/detail.php?id_news=080912184121

Ku mau berubah…

Posted in Daily devotional, My share, renungan by Be example on Juli 12, 2008

Terkadang kita mau berubah dg kekuatan kita sdr. Tp kita akan berubah ketika mengalami perjumpaan dg Tuhan.

Orang yg sombong, kasar adalah orang yg tdk disukain orang. Orang sombong adalah orang yg belum diproses. Christianity Life is Process. Proses menjadi serupa dengan Kristus. Amen

Tagged with: , , ,

Be FOCUS

Posted in Daily devotional, renungan by Be example on Juli 12, 2008

1 Timotius 4:8

Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Surat Timotius adalah surat dari Paulus untuk seorang pemuda bernama Timotius, yg mewakili kita2 anak muda. Paulus tidak membandingkan timotius dg anak muda yg lain tp dia menunjukkan siapa Timotius di dalam Tuhan.

Ibadah adalah ekspresi seorang yg mengasihi Tuhan dg cinta dan ketulusan. Seperti seorang pemanah akan terus berlatih memfokuskan anak panahnya agar bisa sampai 1 km, 2 km, 3 km sampai dalam beberapa tembakan semuanya tepat pada sasaran. Semua itu tergantung seberapa sering dan fokusnya seorang pemanah dalam latihan. Demikian juga dalam kita ibadah. Jika kita tidak fokus dalam ibadah, bisa ditebak apa jadinya kehidupan rohani kita.
Apa yg menjadi fokus ibadah kita? apakah kita cm cari si dia? si dia yg pake baju coklat, rambut hitam, panjang, manis hhmmmm…. Be FOCUS!
Waktu ini tidak akan pernah terulang lagi.. kehidupan saat ini untuk kehidupan di kekekalan, memerintah bersama Tuhan di Sorga. AMen

Healing Words

Posted in Daily devotional, renungan by Be example on Mei 24, 2008

Today’s Scripture

“…the tongue of the wise brings healing”

Today’s Word from Joel and Victoria

Are your words bringing healing to the people around you? The Bible clearly tells us that life and death are in the power of our tongue. We can use our tongue to build people up and encourage them with words of healing, or we can just as easily sow negative seeds with our words. The Bible says that the tongue of the wise brings healing. Choose to be wise today by choosing healing words. Choose to look for the best in others and build them up. Choose healing words over gossip; choose words of freedom and peace over anger and judgment. Let your words uplift and encourage the people in your life. Speak strength and hope to others. As you use your words to bring healing, God will pour out more of His wisdom in your life. You’ll reap the harvest you’ve sown with your words. God will pour out His blessing and increase in your life so you can live the abundant life He has in store for you.

A Prayer for Today

Father in heaven, today I choose to be wise and bring healing to others with my words. I ask for increase of Your power and ability in my life so that I can live to honor You in all I do. In Jesus’ Name. Amen.

Tagged with: , ,

Get Wisdom

Posted in Daily devotional, renungan by Be example on Mei 24, 2008

“Wisdom is supreme; therefore get wisdom” (Proverbs 4:7).

Today’s Word from Joel and Victoria

God wants us to know Him better. He wants us to know what to do in every situation. He wants us to have His wisdom so we can live the abundant life He has prepared for us. Wisdom is simply knowing the mind of God about a particular thing. It’s found in the Word of God. Proverbs says that when we reverence and honor the Lord, it opens the door to wisdom in our life. God’s wisdom is not like earthly wisdom. In other words, God’s wisdom won’t always make sense to your natural mind. For instance, the world’s wisdom says in order to increase, keep what you have. God’s wisdom says to give what you have and it shall be given back to you in greater measure. God’s wisdom is supreme. How do you “get” wisdom? First of all, James tells us simply to ask for it. And then open your heart to the Word of God; obey His commands and honor Him. As you are diligent to seek wisdom, you will find it. As you honor the Lord, He will honor you. He’ll pour out His favor on you, and you’ll live in wisdom and blessing all the days of your life.

A Prayer for Today

Father in heaven, thank You for the privilege to boldly come before Your throne of grace. I humbly ask You for wisdom, for understanding, for Your direction. I receive it all now, in Jesus’ Name. Amen.

www.joelosteen.com

Tagged with: , , , ,

Sealed By God

Posted in Daily devotional, renungan by Be example on Mei 24, 2008

“…I will make you like my signet ring, for I have chosen you,’ declares the LORD Almighty” (Haggai 2:23).

We don’t often hear about signet rings anymore; but in Bible times, they were very significant. The signet ring was used to identify the message or messenger and the authority they had. In other words, you knew something was from the king because it was marked by His signet ring. It was representative of power and authority. This verse is saying that you are the mark of authority of Almighty God. You have been chosen and set apart to be identified with Him. When you have someone’s power and authority, you have access to everything they have. It’s like having power of attorney; you have the authority to act on behalf of that individual. As a believer in Jesus, marked with His seal, think of all you have access to today. Think about the authority you have. Everything He has is available to you—healing, provision, strength, peace, joy. You have been given authority to “sign His name” in order to receive His blessings. You are God’s seal, and you are marked to live the abundant life He has in store for you!

A Prayer for Today

Heavenly Father, thank You for choosing me and calling me Your own. Help me to fully understand the authority You’ve given by Your Son Jesus. I receive all You have for me. In Jesus’ Name. Amen.

Today’s Scripture
Join and receive email Today’s Word from Joel and Victoria : www.joelosteen.com

Tagged with: , , ,

Set Apart

Posted in Daily devotional, renungan by Be example on Mei 24, 2008

“But now since you have been set free from sin…you have your present reward in holiness and its end is eternal life” (Romans 6:22).

Holiness is a powerful force in our lives. It leads us to eternal life. Holiness simply means being “set apart.” You are set apart when you accept Jesus as your Lord and Savior. He makes His home in you, and His holiness lives on the inside of you, too. The Bible tells us that without holiness, no one can see God. God sets us apart and calls us His own, but it’s up to us to continue living a life that is set apart from sin and destructive influences. We have to set ourselves apart from our old ways, old behaviors, and old mindsets. Remember, God chose to set you apart for Himself because He loves you. He doesn’t want anything to keep you from His promises and blessings. Make the decision to let go of anything that would hold you back today. Remember, you are set apart for God’s purposes. Let that sink down into your heart today and fill you with hope. As you embrace holiness and live a life that is set apart, you will see God, and you will live the abundant life He has in store for you!

A Prayer for Today

Father in heaven, thank You for setting me apart and making me holy in Your sight. I choose to live a life that is set apart and pleasing to You. Fill me with Your peace and power today so I can honor You always. In Jesus’ Name. Amen.

Today’s Scripture : Today’s Word from Joel and Victoria

www.joelosteen.com

Tagged with: , , , , , ,

Talk Only

Posted in Daily devotional, renungan by Be example on Mei 17, 2008

1 Yohanes 1:6-10

“Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta …” (1 yoh 1:6)

Awalnya gue kenal Tuhan, ada banyak anak-anak Tuhan yg menguatkan gue lewat firman Tuhan dan mereka juga menunjukkan sikap yg sangat ramah. Terang aja sikap mereka membuat gue yakin bahwa gak salah kalo gue memilih untuk mengenal TUhan lebih dekat. Buktinya mreka bisa memiliki pribadi yg sangat asyik untuk diajak ngobrol dan berteman.

Orang pertama yg ngajak gue ke gereja adalah seorang cew yg sikapnya sangat manis, lembut dan juga ramah. Karena keramahannya itu hanya dalam 5 menit ia berhasil mengajak gue ke gereja. Ia bercerita bagaimana hidupnya begitu diberkati di dalam Tuhan. Hal itu cukup memacu gue untuk mencari TUhan, tetapi setelah dua bulan gue rajin ke gereja di mana ia beribadah, gue baru tahu kalo dia kumpul kebo ama pacarnya. Dia bukannya membohongi gue, tetapi ia membohongi imannya dan membohongi Tuhan.

Youthers, kita mengaku bahwa kita begitu cinta TUhan, kita hidup dalam Tuhan dan rajin beribadah. Kita juga memberi semangat kepada banyak orang, menguatkan iman mereka dan bercerita tentang kebesaran Tuhan kita. Kita menunjukkan sikap bahwa kita orang yang hidup di dalam Tuhan. Tapi ketika diintip dari kehidupan kita sehari, pfff… Tuhan pasti sangat kecewa. 😦    Sepulang gereja kita di rumah berantem ama ortu. Setelah mengikuti KKR kita malah ikutan teman nonton vcd porno. Setelah bersaksi tentang kasih Tuhan kita malah melakukan onani atau masturbasi. Buka internet dan cari situs porno atau chatting porno. Setlah menyanyi memuji Tuhan dengan semangat kita malah mencaci maki orang yg menyakiti hati kita.

YOuthers, JANGAN BOHONGI IMAN KAMU, terlebih Tuhan. Jangan cuma NGOMONG SOAL IMAN kamu. LAKUKAN apa yg kamu UCAPKAN maka itu akan membuktikan iman kita di dalam Dia (Vlo)

Think about it : Kalo cuma bisa ngomong mending gak usah ngaku cinta TUhan

Pray : TUhan, ajar aku untuk bertindak dan bersikap di dalam iman, bukan hanya sekedar ngomong aja.
Diambil dari Renungan “YOUTH” edisi 11 maret 2008 terbitan Maranatha Krista Media Surabaya. Bisa didapatkan di toko2 rohani di kota kamu.

Melalui renungan ini saya ditegur. Sya mengaku kalau saya anak-anak Terang, tapi hidup saya masih ada dlm gelap. Please help me! (daniel)

Tagged with: , , , ,