Be an Example! Be a witness in everywhere

Generasi Elisa — the next leader….

1 Tim 4:12 Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.
Teladan….mmm kata2 ini tidak asing lagi bagi kita. Teladan itu tempatnya di depan. Ini berkaitan erat dg leader….. Church in the market place.

Baru-baru ini di ibadah youth di tempat kami di GBI Diaspora Sejahtera Malang (DIYOFA)  membagikan visi ini. Yang disebut dengan A-G

A, B, C, D, E, F, G
A = Art –> Anak2 Tuhan menjadi leader dalam bidang kesenian, artis dan hiburan. Memberi warna positif dalam setiap budaya dan seni.

B = Bussiness –> Dalam bidang bisnis anak2 Tuhan harus menjadi leader. Bisnis dan rohani bukan lagi dikotomi. Menjadi Gereja di tempat kerja. Church in the workplace.

C = Church & Religion –> Dalam gereja dan Forum Komunikasi Umat beragama. Membuka diri dalam hubungan antar agama.

D = Distributor n multimedia  –> Menggunakan media massa (Baik elektronik maupun cetak) untuk mengabarkan berita injil.

E = Economy and education –> Ikut serta dalam memperbaiki perekonomian bangsa dan mengentaskan kemiskinan melalui pendidikan. Era 70 indonesia berhasil swasembada beras karena pemerintahan dipegang oleh orang-orang pandai. Skg dimanakah mereka ? Indonesia adalah negara agraris. Dimanakah keberadaan insinyur pertanian yang cinta Tuhan ?

F = Family –> Pemulihan dalam keluarga.  Hubungan Ayah– anak dipulihkan, Suami-istri dipulihkan.

G = Government –> Dalam bidang pemerintahan anak-anak Tuhan membawa perubahan positif.

Anak2 Tuhan hrs jadi leader di semua lini ini.

Be example in Market Place. Dmn anak Tuhan berada, mereka jadi pemimpin.

Kita saat ini masuk dalam era generasi elisa.
1 Tim 4 : 12-16
4:12 Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.
4:13 Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar.
4:14 Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua.
4:15 Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang.
4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Kenapa anak2 muda tdk dihargai ?
1. Tdk dapat dipercaya
2. Tdk menghormati
3. Negative thinkings
4. Tdk dapat diandalkan

Paulus menasihatkan pada timotius, yang mewakili kita sbg anak muda :

1. Jadi Teladan : perkataan, tingkah laku, kasih,kesetiaan dan kesucian

2. Bertekun dalam FT

3. Mempergunakan karunia

4. Hidup di dalamnya

5. Mengawasi diri sendiri dan ajarannya.

Awasilah dirimu sendiri….Yg plg berbahaya bukan setan, tapi kemalasanmu. Musuh terbesar orang adalah dirinya sendiri. Perangi roh kemalasan. Menaburlah maka kamu akan menuai. Seorang petani, selama dia tidak menabur, maka jangan berharap untuk panen.

Jangan sampai kewibaan Tuhan hilang. Spt Yusuf yang rela diperlakukan tidak adil oleh saudara2nya. Tapi dia tetap membawa kewibawaan Tuhan yang mendatangkan kemuliaan. Sebab dia tetap memegang visi. Orang yang punya visi hidupnya tdk liar.

Kalo ingin melihat hari2mu baik, jaga lidahmu (1 Pet 3:10-11)
Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.
Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya.

Perkatakan kata2 yang baik. Ada kisah nyata….

Seorang gadis yang berjerawat datang kepada seorang hamba Tuhan untuk didoakan agar jerawatnya hilang. Hamba Tuhan ini mendapat hikmat dari 1 Pet 3:10. Dia mengatakan “katakan kata2 baik. Ketika di depan cermin pegang wajahmu dan katakan ‘aku manis, aku cantik, aku disukai semua orang’ “.

Setelah 10 tahun berlalu gadis itu mengendarai sebuah mobil mewah. Di tengah jalan dia ketemu dengan hamba Tuhan ini.

“Anda siapa?”

“Bapak tidak mengenali saya?”

“Tidak”

“Saya gadis yang 10 tahun lalu minta untuk bapak doakan. Saya praktekan apa yang bapak katakan. Setiap hari saya memperkatakan pada wajah saya ‘aku cantik, aku manis, aku disukai semua orang’, dan akhirnya jadilah saya seperti ini”😀
Karena kecantikannya, ketika dia masih bekerja sebagai pembantu rumah tangga, seorang pengusaha australia yang menjadi teman bosnya, tertarik padanya. Dia akhirnya dinikahi oleh pengusaha itu.

yupz…  apa yang kita katakan, itulah yg terjadi. Cerita di atas mengubah hidup saya. Mulai sekarang kamu2 yang msh minder perkatakan pada dirimu sendiri “aku berharga…. aku ada krn ada rencana Tuhan … gw anak Raja di atas segala raja”. Buka dirimu untuk pergaulan yang lebih luas dg anak2 Tuhan yang lainnya. Dengan demikian hidup kita semakin sempurna. Mengapa? krn orang lain adalah cermin hidup kita. Ketika ada yang salah dg diri kita, maka temen kita yang akan mengingatkan. Manusia saling menajamkan sesamanya. Jangan takut gesekan. Jangan takut kritik. Hadapi kritik dengan kerendahan hati. Cari persahabatan yg bs saling membangun. Teman yg baik adalah teman yg jika kamu deket dengannya kamu jd tambah deket sama Bapa.

Setiap kita tidak lepas dari masalah. Burung rajawali semakin ada badai semakin terbang tinggi. Demikian juga kita. Ketika ada masalah berarti saatnya untuk naik ke tingkat lebih tinggi lagi. But,,,, siap ga menghadapi badai? ato jangan2 malah kita yg kalah ama badai krn sayapnya tdk kuat. Oleh karena itu kita harus berdiri teguh dalam kebenaran.

Yesus mengatakan bahwa cara untuk mengenali apakah seorang adalah seorang Kristen Sejati adalah bukan dg perkataan yg mereka ucapkan, penampilan mereka yg rohani, atau seberapa seringnya mereka menghadiri kebaktian, tetapi lebih pada apa yg mereka lakukan! Apakah buah mereka tidak berfokus pada diri mereka sendiri dan berfokus pada Kerajaan Tuhan, atau buahnya hanya bagi diri sendiri dan berfokus pada dunia/materi.

Buah yg egosentris atau kingdom sentris

Mari menghasilkan buah yg serupa dg Kristus. Buah yg mengakui Yesus sbg Tuhan. Sbg Tuan/majikan kita. Melakukan apa yang Tuhan mau untuk kita lakukan.

Tuhan Yesus mengatakan dalam Yohanes 15:9-27

Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.

Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.

Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.”

Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.

Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.

Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka!

Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku.

Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku.

Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan.

Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.”

 

Jesus is my life.

Semoga ini bisa menjadi berkat. (valen-admin) 😀

 

 

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Michael said, on Juli 23, 2008 at 6:50 pm

    nice blog..God Bless

  2. sigit said, on Agustus 25, 2008 at 5:33 am

    shalom, blognya bagus. kalo boleh tahu/kenal penulis/pengelolanya siapa ya?? saya juga jemaat Diaspora Mlg, dtg ke Youth (DIYOFA) kalo pas lagi libur, coz saya kerja luar kota. saya rindu punya komunitas rohani, kirim2 email dong. thx before

  3. Be example said, on Agustus 25, 2008 at 6:07 pm

    @ Sigit
    Salam kenal juga untuk Sigit.

    Saya Purba (valen or daniel is my nickname on this web). ini fs saya : my_val@myway.com

    Saya mengelola 4 blog :
    1. https://powerfulgroovyyou.wordpress.com
    2. http://www.pmk-fkub.co.cc (redirect ke pmkfkub.wordpress.com)
    3. solagrace.wordpress.com
    4. purba.blogs.ie

    Ke depannya rencana mau mengadakan festival blog di Diyofa. Lgi diusahakan. Spy kita bisa menggarami dan menjadi berkat dalam dunia maya.

    Sering-sering mampir ya… Tuhan memberkati

  4. pyoubcozjc said, on Mei 29, 2010 at 10:13 am

    salam kenal ,,,

    GBU ,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: